Perjalanan Wisata ke London: Windsor Castle

ByZukni Legowo

Perjalanan Wisata ke London: Windsor Castle

London memang negara yang begitu mengagumkan. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi, hampir semuanya berupa wisata budaya dan sejarah. Nah, pada perjalanan wisata saya kali ini, kaki membawa saya singgah ke Windsor Castle. Jika kita mengunjungi Istana Buckingham di tengah kota London, disini istana tempat untuk acara – acara kenegaraan. Tetapi kalau di Windsor Castle ini adalah tempat kediaman resmi sang ratu Elizabeth. Selain anda bisa menikmati keindahan Windsor Castle itu sendiri, tetapi beberapa tempat di sekitar castle menawarkan pemandangan sungai dengan angsanya yang ramah dan pengalaman yang sangat berharga selama liburan di Inggris. Tidak jauh dari lokasi ini juga bisa mengunjungi arena pacuan kuda yang sangat terkenal Royal Ascot yang tempatnya di desa Ascot. Selain itu juga ada obyek wisata untuk keluarga bersama anak – anak yaitu Legoland. Tempat bermain untuk keluarga yang disajikan secara lengkap didalam satu lingkungan Legoland.

Windsor Castle Upper Ward_Quadrangle di dalamSejarah Singkat Windsor Castle

Windsor Castle adalah istana tertua dan terbesar di dunia. Istana ini didirikan pada abad ke-11 oleh William the Conqueror. Dahulu, bangunan ini adalah rumah dari 39 raja dan menjadi sarana utama untuk memudahkan akses dari ibu kota. Namun, kini istana megah ini menjadi tempat Ratu menghabiskan waktu luang dan akhir pekannya.

Pada tahun 1110, Raja Henry I membangun kediamannya di area ini, dan di akhir abad ke-12, sang cucu, Raja Henry II mengubah bangunan menjadi sebuah istana. Lalu, ia membangun dua bangunan lain di bagian lain istana, sebuah rumah tinggal untuk para tamu dan pejabat kerajaan di bagian Lower Ward dan rumah tinggal pribadi untuknya sendiri di bagian Upper Ward.

windsor castle taman belakang

 

Menjelang tahun 1350, Raja Edward III mengubah tampilan Windsor Castle menjadi sebuah istana bergaya gothic, dan perubahan ini masih terus berlangsung hingga pemerintahan Raja George IV. Namun, pada tahun 1992, Windsor Castle dilalap si jago merah dan dengan cepat membumihanguskan beberapa bagian penting istana. Proses perbaikannya memakan waktu yang cukup lama, kira-kira lima tahun, dengan dipimpin oleh Duke of Edinburgh. Daerah yang rusak parah didesain ulang dengan gaya gothic modern.

windsor castle taman belakang

Fakta menarik perjalanan wisata ke London Windsor Castle

Windsor Castle berlokasi di Windsor, Berkshire, SL4 INJ, London. Perjalanan wisata  Anda ke sini bisa ditempuh dengan kereta dari Stasiun King Cross ke Paddington, lalu dari Paddington, lanjutkan perjalanan menuju Windsor dan Eton Riverside. Bisa juga dengan bus dari Victoria ke Windsor Town Centre, Paris Church (Church Lane). Nah, saat berada di sini, inilah fakta menarik yang saya dapatkan:

  • Saat sang Ratu ada di istana, bendera kerajaan akan dikibarkan, dan saat Ratu pergi, bendera akan diturunkan dan digantikan dengan Union Jack.
  • Di sisi lain Sungai Thames dari istana adalah Kota Eton. Eton College adalah salah satu sekolah paling terkenal di Inggris. Kapelnya dapat dilihat dari teras bagian utara istana, dengan pemandangan yang juga menakjubkan.
  • Kapel St. George di halaman Windsor Castle merupakan rumah spiritual dari Ordo Garter yang dibuat pada tahun 1348 oleh Raja Edward III. Ordo ini merupakan bagian dari Ordo Chivalry tertua di Inggris.

Informasi Penting untuk Pengunjung

Anda berencana melakukan  wisata ke London dan mengunjungi Windsor Castle? Berikut beberapa informasi yang bisa Anda cermati:

  • Waktu kunjungan terbaik ke istana terbesar di dunia ini adalah antara bulan Maret hingga Oktober. Istana ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.30 – 18.30 waktu setempat.
  • Pada periode bulan November hingga Februari, jam operasional istana adalah mulai pukul 09.45 hingga 16.15 waktu setempat. Batas akhir pengunjung diperbolehkan masuk adalah 90 menit sebelum waktu tutup.
  • Lama waktu kunjungan yang diberikan kepada setiap pengunjung adalah hingga tiga jam. Namun, pada musim dingin saat antrean tidak terlalu padat, rata-rata waktu yang dihabiskan untuk berkeliling istana ini adalah selama 90 menit hingga dua jam.
  • Windsor Castle memiliki 10 ruangan, masing-masing ruangan menunjukkan keunikan dan kemegahan yang berbeda. Salah satunya adalah The China Museum yang menampilkan koleksi porselen asal Cina dan Jepang pada awal abad ke-17 dan abad ke-18 milik Queen Mary.

Lokasi desa kecil Windsor yang prestisius ini berada dipinggir kota london ke arah barat dan berdekatan dengan Heathrow Airport. Bisa ditempuh dari London centre  menggunakan kereta atau mobil pribadi hanya 50 menit. Bagaimana, menarik kan? Jangan lupa, sebelum memulai perjalanan wisata ke London dan berkunjung ke sini, booking tiket jauh-jauh hari sebelumnya, ya.

About the author

Zukni Legowo administrator

Leave a Reply

Hey, feel free....instant chat
Hey, feel free...ini dengan Zukni