Tempat wisata di Inggris Stonehenge

ByZukni Legowo

Tempat wisata di Inggris Stonehenge

Kali ini kita akan menjelajahi pemandangan alam terbuka di Inggris. Sepanjang mata memandang hamparan rumput hijau yang tertata rapi berpadu dengan landskap dataran tanah yang sangat rapi membuat hati kita damai disepanjang perjalanan.

Percayakah Anda, beberapa batu raksasa bisa tersusun vertikal tanpa bantuan teknologi modern? Stonehenge—salah satu  wisata —akan menunjukkan keajaiban itu. Ada sekitar 80 batu tegak dengan ukuran yang sangat besar membentuk lingkaran berlapis di monumen prasejarah ini. Alangkah beruntungnya bagi siapa saja yang bisa menyaksikan keajaiban ini.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan English Heritage, tidak kurang dari 150 jenazah masa lalu terkubur di seputar Stonehenge. Riset tersebut menunjukkan bahwa, kompleks Stonehenge tersebut pernah menjadi pemakaman di zaman neolitik. Peradaban batu pertama di Inggris sebelum peradaban berikutnya yaitu peradaban Bronze.

Stonehenge—Tempat Wisata di Inggris Berumur Ribuan Tahun

Wisata Stonehenge

 

Meski usia Stonehenge masih menjadi perdebatan, semua arkeolog meyakini situs ini dibangun ribuan tahun silam. Misalnya, Richard John Coplan Atkinson, arkeolog Inggris yang memperkirakan umur Stonehenge sekitar 5.000 tahun. Bahkan, Tom Goskar, pakar kebudayaan kuno, mengungkapkan adanya ukiran di batu tersebut.

Dilansir dari situs Khanaacademy, Stonehenge dibangun lebih dulu ketimbang Piramida Mesir. Kira-kira sekitar tahun 2.500 SM, tepatnya di masa neolitik akhir. Kemudian, tempat  ini disempurnakan secara bertahap dengan tiga fase.

Fase pertama, terjadi sekitar tahun 3.000 SM. Bentuknya berupa monumen lingkaran yang dikelilingi parit berdiameter kurang lebih 100 meter.

Pembangunan tahap kedua dilakukan sekitar 100-200 tahun kemudian. Di bagian tengah lingkaran terdapat bangunan kayu beratap. Di samping itu, ada pos-pos di dekat pintu masuk.

Tempat  yang bersejarah ini kembali disempurnakan setelah 400-500 tahun. Menurut Richard John Coplan, di fase tersebut ada tiga bagian, yaitu IIIa, IIIb, dan IIIc. Namun, proses inti di tahapan tersebut adalah memindahkan batu biru dari lubang Aubrey. Kemudian, menegakkan 30 batu sarsen dengan penutup berupa lintel stone.

Stonehenge Punya Fakta Keren

Terlepas dari sejarah panjang pembangunan Stonehenge, ada fakta menakjubkan yang layak digali. Itulah sebabnya, banyak orang menyebut tempat  ini sebagai tempat ajaib dan misterius.

Stonehenge adalah Observatorium Astronomi di Masa Lalu

Tempat wisata di Inggris sejarah

 

Sebuah artikel di situs Historyextra mengungkapkan, Stonehenge berfungsi sebagai observatorium canggih di masa silam. Fakta tersebut dikemukakan oleh beberapa pakar astronomi, seperti Gerald Hawkins dan John Smith.

Gerald Hawkins dalam penelitiannya menyebutkan, tempat wisata ini dijadikan lokasi pendeteksi kehadiran gerhana. Lain halnya dengan John Smith (1771) yang berpendapat, bulan lunar diwakili oleh lingkaran dalam. Sementara itu, 30 batu sarsen melambangkan 360 hari jika dikalikan angka 12 astrologi. saat itu dimungkinkan dijadikan tempat upacara keagamaan oleh masyarakat setempat pada saat itu.

Stonehenge—Salah Satu Wisata Inggris Terindah Kala Senja

Stonehenge di kala senja

 

Jika Anda liburan ke Inggris, sempatkan mampir ke Stonehenge menjelang matahari terbenam. Ketika itu, Anda bisa melihat panorama sunset yang mengagumkan di antara celah bebatuan. Lanskap tersebut makin sempurna manakala semburat warna kuning dan oranye menghiasi langit Stonehenge.

Stonehenge Pernah Menjadi Lokasi Syuting Film Transformer

Stonehenge Menjadi Lokasi Syuting

 

Anda pernah menonton film Transformer: The Last Knight? Stonehenge dijadikan sebagai spot utama saat adegan final battle. Tempat wisata ini dipilih karena sarat nuansa masa lalu. Bebatuan raksasa yang membentuk cincin di hamparan rumput hijau dianggap sebagai lokasi terbaik.

Stonehenge Menyimpan Benda-Benda Berusia Ratusan Tahun

stonehenge-legowo-london

 

Tempat wisata ini menjadi lokasi penemuan benda yang berumur lebih dari seratus tahun. Salah satunya adalah rahang sapi. Hewan tersebut diperkirakan milik suku di sekitar Stonehenge. Selain itu, ada juga barang-barang peninggalan purbakala Romawi kuno, seperti koin, perhiasan, dan tembikar.

 

 

 

 

 

Stonehenge Menjadi Hunian Satwa Endemik

Stonehenge Hunian Satwa

 

Saat mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa melihat ratusan burung camar hinggap di bebatuan. Mereka mampu mengenali orang yang biasa memberikan makanan dalam jarak 100 meter. Selain camar, ada pula sisir emas, merpati kayu, dan burung hantu cokelat. Bahkan di beberapa sudut jalan bisa dijumpai peternakan kandang babi yang sangat luas membentang di hamparan ruang terbuka luas.

Cara Menuju ke Stonehenge

Cara Menuju ke Stonehenge

Stonehenge berlokasi di Amesbury, Salisbury, Inggris. Untuk menuju tempat  ini, Anda bisa naik pesawat ke ibu kotanya Inggris yaitu London. Harga tiket pesawat ke London, cukup terjangkau jika menggunakan tarif promo.

Transportasi dari bandara bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Salisbury dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan naik Bus The Stonehenge Tour. Jika bujetnya memungkinkan, Anda dapat menyewa taksi dari bandara ke lokasi Stonehenge. Jika anda tinggal di London hotel, maka anda bisa mencharter sewa mobil yang bisa mengantar ke tempat tersebut. perjalanan dari London ke Stonehenge biasanya memakan waktu 2 jam perjalan naik mobil.

Itulah sekilas tentang fakta Stonehenge; tempat wisata di Inggris dengan landskap alam yang memukau. Anda bisa pergi bersama teman-teman atau solo backpacker ke Inggris. Pulangnya, jangan lupa beli souvenir khas Inggris sebagai kenang-kenangan.

About the author

Zukni Legowo administrator

Leave a Reply

Hey, feel free....instant chat
Hey, feel free...ini dengan Zukni