Indahnya Pemandangan di London: Hyde Park & Kensington Palace

ByZukni Legowo

Indahnya Pemandangan di London: Hyde Park & Kensington Palace

Mengunjungi London kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke taman legendaris yang menjadi kebanggaan warga Inggris—Hyde Park. Tempat ini merupakan salah satu taman terbesar yang terletak di jantung Kota London. Dengan luas kurang lebih 140 hektare dan areanya dipisahkan oleh Danau Serpentine, pemandangan sore hari di Hyde Park sangatlah menawan.

Secara geografis, Hyde Park tersambung dengan Kensington Garden, meskipun secara teknis dan administratif keduanya terpisah. Oh ya, selain menjadi destinasi dan pusat hiburan favorit wisatawan dari berbagai belahan dunia, taman dengan pemandangan indah di London ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sejarah Hyde Park

Sejarah Hyde Park - Indahnya Pemandangan di London: Hyde Park & Kensington Palace

 

Nama Hyde Park diambil dari Manor of Hyde, yang merujuk pada status kepemilikan tanah bangsawan Eia yang berada di sebelah timur laut Kota London (dua tanah lainnya bernama Ebury dan Neyte). Setelah Pangeran Henry Vlll resmi membeli tanah Hyde dari seorang biarawan Westminster Abbey pada 1536, ia membangun Hyde Park dengan tujuan dijadikan area berburu.

Wilayah ini kemudian menjadi tempat perburuan rusa yang hanya dikhususkan bagi keluarga kerajaan. Tahun 1689, Pangeran William III memindahkan tempat tinggalnya ke Kensington Palace, yang letaknya masih berada dalam kawasan Hyde Park. Salah satu alasannya karena tertarik dengan pemandangan di area ini.

Baru pada tahun 1726 ketika King George I berkuasa, Taman Hyde digarap lebih serius. Sayangnya, Raja mangkat hanya berselang setahun setelah dirinya menginisiasi pemugaran taman. Pembangunan taman ini kemudian diteruskan atas perintah sang menantu, Queen Caroline. Proyek tersebut selesai pada tahun 1733.

Desain Hyde Park dengan pemandangan indah yang bisa kita saksikan sekarang adalah hasil rancangan arsitek Decimus Burton pada masa pemerintahan King George IV, sekitar tahun 1820-an. Ia jugalah yang memerintahkan pembangunan gerbang masuk Hyde Park Corner yang terdiri atas Triumphal Screen dan Wellington Arch.

Sampai saat ini, Hyde Park tak pernah lagi mengalami rekonstruksi. Satu-satunya penambahan yang dilakukan setelahnya hanya pembangunan Diana Princess of Wales Memorial Fountain pada tahun 2004 silam.

2 Pintu Gerbang Menuju Hyde Park dengan Pemandangan di London yang Menawan

Pemandangan sekitar Hyde Park

 

  • Triumphal Screen

Merupakan gerbang utama masuk Hyde Park. Pintu masuk ini terdiri atas 3 gerbang yang digabungkan oleh struktur bertiang 4 pada kedua sisi gerbang bagian tengah. Gerbang ini sengaja dibuat besar dan kokoh agar kereta kuda milik kerajaan bisa melewatinya.

Begitu memasuki Triumphal Screen, Anda sudah bisa langsung menyaksikan keindahan pemandangan Hyde Park yang luas.

  • Wellington Arch

Selanjutnya ada Wellington Arch yang terletak di persimpangan jalan Hyde Park Corner. Gerbang ini menghubungkan Hyde Park dan Green Park secara langsung. Sang arsitek, John Nash, rupanya terinspirasi pembangunan Wellington Arch dari Arch of Constantine di Roma, Italia.

Selain menyaksikan pameran dan galeri seni, di sini pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan bersantai melihat pemandangan, olahraga, bersepeda, berenang, menunggang kuda, sampai mendayung sampan.

Anda tidak akan dikenai biaya ketika berkunjung ke Hyde Park. Tiket hanya dibebankan jika pengunjung ingin menikmati fasilitas-fasilitas tertentu di area ini.

Kensington Palace: Sudut Tepat Melihat Pemandangan di London

Indahnya Pemandangan Hyde Park & Kensington Palace

 

Masih di area Hyde Park yang legendaris terdapat Kensington Palace, yang merupakan istana tempat tinggal keluarga kerajaan Britania Raya. Di sini tinggal Pangeran William & Putri Kate Middleton, Pangeran Harry, Pangeran Richard, Pangeran Edward & istri, serta Pangeran Michael dan istrinya. Sama seperti kebanyakan tempat tinggal keluarga kerajaan, halaman Kensington Palace juga memiliki pemandangan yang sangat cantik.

Kensington Palace dulunya merupakan sebuah bangunan bernama Nottingham House. Tahun 1689, Raja William dan Ratu Mary meminta Christopher Wren, arsitek dari St Paul’s Cathedral, untuk merombak bangunan tersebut menjadi istana dengan pemandangan yang cantik. Pemugaran ini hanya berlangsung selama 6 bulan. Pada malam Natal 1689, kedua pemimpin Inggris tersebut pun resmi berpindah ke Kensington Palace.

Di istana ini Queen Victoria lahir sampai hari meninggalnya pada tahun 1837. Sementara, Princess Diana of Wales sempat tinggal di sini antara tahun 1981-1997.

Beberapa ruangan kenegaraan di Istana Kensington dikelola oleh Yayasan Historic Royal Palaces, dan dibuka untuk umum. Selain menikmati pemandangan sekitar istana dan belajar sejarah, di sini Anda juga bisa menjelajah King’s State Apartments; Queen’s State Apartments; serta Kensington Garden yang memiliki pemandangan cantik saat sore hari.

Pemandangan di London memang menakjubkan, terlebih jika Anda menyempatkan diri berkunjung ke dua tempat bersejarah di atas. Jadi, kapan mau piknik kemari? Saya siap menemani Anda berkeliling Hyde Park dan Kensington Palace!

About the author

Zukni Legowo administrator

Leave a Reply

Hey, feel free....instant chat
Hey, feel free...ini dengan Zukni